Cari

Jumat, 24 Mei 2013

Membuat Rangkuman buku



A.    Pengertian rangkuman
Rangkuman merupakan hasil kegiatan merangkum. Rangkuman dapat diartika sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu tulisan atau pembicaraan menjadi sutau uraian yang lebih singkat dengan perbansingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya. Rangkuman dapat pula diartikan sebagai hasil merangkai atau menyatukan pokok-pokok pembicaraan atau tulisan yang terpencar dalam bentuk pokok-pokoknya saja.
Rangkuman sering disebut juga ringkasan, yaitu bentuk ringkas dari suatu uraian atau pembicaraan, sedangkan ikhtisar disebut juga intisari dari suatu uraian atau pembicaraan. Pada tulisan jenis rangkuman, urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat) pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan. Hal itu berbeda dengan ikhtisar. Ikhtisar juga merupakan bentuk ringkas dari suatu uraian atau pembicaraan, namun dalam pembuatannya tidak perlu mempertahankan urutan isi dari suatu karangan secara proporsional. Penulisan ikhtisar bisa saja langsung tertuju pada pokok permasalahan.
B.     Pengertian buku ilmu pengetahuan polpuler
Banyak sekali buku ilmu pengetahuan populer yang dapat kamu baca di perpustakaan di sekolahmu. Buku-buku seperti itu sangat berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang berbagai hal. Suatu saat pengetahuan yang kamu dapatkan dari buku seperti itu dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kamu.
Buku ilmu pengetahuan populer dapat juga disebut sebagai buku ilmiah populer. Ilmiah artinya, buku itu mengandung buku yang bermanfaat, masuk akal (logis), dan runtut (sistematis). Dikatakan populer karena disajikan dengan bahasa yang ringan dan komunikatif sehingga isinya mudah ditangkap dan dicerna oleh semua pembaca. Meskipun isinya cukup berbobot ilmiah, tetapi penyampaiannya menggunakan bahasa yang sederhana sehingga enak dibaca dan menarik bagi semua kalangan terutama remaja. Dalam buku ilmu pengetahuan populer, biasanya akan dapat kamu temukan butir-butir pokok yang berharga.
Isi buku ilmu pengetahuan populer sangat beragam mulai dari kesehatan, teknologi modern, pertanian, perkebuanan, komputer, kepribadian, dan lain-lain.

C.    Langkah-langkah membuat rangkuman
Memahami isi buku ilmu pengetahuan populer relatif lebih sulit daripada buku lainnya. Untuk itu diperlukan adanya rangkuman atau ringkasan yang berisi intisari dari bacaan atau buku yang ingin dipahami. Adapun langkah-langkah untuk embuat rangkuman buku arau artikel ilmu pengathuan populer adalah sebagai berikut:
1.      Membaca secara keseluruhan isi teks wacana yang akan dibuatkan rangkuman.
Sebelum membuat rangkuman dari sebuah teks, sebaikanya baca terlebih dahulu isi keseluruhan dari teks yang akan dirangkum. Dengan membaca secara keseluruhan isi teks, maka rangkuman kita pun akan lengkap dengan tidak melewatkan hal-hal penting yang tedapat dalam teks.
2.      Menemukan kata-kata kunci.
Dalam membaca sebuah teks, kadang kala kita menemukan beberpata kata yang diulang-ulang. Kata yang diulang tersebut nerupakan kata-kata kunci yang dapat mengantarkan kita pada pikiran utana sebuah teks.
3.      Menggarisbawahi hal-hal yang penting.
Dengan menggarisbawahi hal-hal yang penting maka kita akan lebih mudah menemukan pokok-pokok pikiran dari sebuah teks. 

4.      Mencatat butir-butir pokok teks.
Setelah membaca teks secara keseluruhan, segera catat butir-butir pokok dari teks yang telah dibaca. Butir-butir pokok teks adalah hal-hal penting yang diungkapkan pengarang dalam karangannya. Hal-hal penting itu dapat berupa gagasan, fakta baru, atau pesan. Pada dasarnya membaca teks itu sama halnya dengan mengambil hal-hal pokok yang terdapat dalam teks. 
5.      Menulis rangkuman isi berdasarkan butir-butir pokok yang telah dicatat.
Butir-butir pokok dari teks terkadang urut dan masih terpencar-pencar di semua paragraf. Usaha menyatukan kembali butir-butir teks itulah yang disebut merangkum. Jadi, merangkum dimulai dari kegiatan mencari butir-butir pokok, menyatukannya, dan meringkasnya dalam bentuk yang lebih pendek dari teks aslinya.
D.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat rangkuman
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat rangkuman sebuah buku ilmu pengethuan populer adalah sebagai berikut:
1.      Membaca buku hingga memahami secara lengkap.
2.      Menuliskan pokok-pokok intisari bacaan atau buku.
3.      Menuliskan pokok-pokok tersebut menjadi rangkaian kalimat yang mudah dipahami.
4.      Mencek dan ricek hasil rangkuman dengan isi buku untuk memastikan apakah rangkuman sudah lengkap atau belum.

E.     Contoh rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
Menulis rangkuman merupakan upaya menyarikan sebuah teks atau bacaan. Jadi, merangkum sebuah buku adalah mengambil inti sari sebuah isi buku dan menuliskannya kembali menjadi catatan ringkas. Hal yang perlu kalian ingat bahwa sebuah rangkuman
isinya mencakup keseluruhan teks atau buku yang dirangkum secara utuh dan lengkap, meski dalam penyajiannya lebih padat dan ringkas. Jadi, dalam merangkum jangan sampai ada hal penting dari bacaan atau buku yang tidak terambil atau terangkum. Adapun yang dimaksud dari buku pengetahuan populer adalah buku yang berisi informasi mengenai pengetahuan yang sifatnya banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Dalam hal ini, sesuatu yang bersifat populer merupakan sesuatu yang sudah biasa diketahui atau akrab di lingkungan masyarakat secara umum. Buku pengetahuan populer memiliki berbagai bidang pengetahuan, misal: peternakan, bisnis, kepribadian secara umum, dan pengetahuan lainnya. Adapun buku pengetahuan yang membahas mengenai disiplin ilmu tertentu secara spesifik dan detail bukan termasuk buku pengetahuan populer, akan tetapi merupakan buku kajian disiplin ilmu. Contoh buku kajian disiplin ilmu adalah buku mengenai anatomi tubuh manusia. Perhatikanlah teks ilustrasi berikut berkaitan dengan rangkuman buku pengetahuan populer!

Judul buku           : Anggur dalam Pot
Jumlah halaman    : 50 halaman
Penerbit                : Penebar Swadaya
Cetakan                : IV

Buku berjudul Anggur dalam Pot ini memuat uraian mengenai cara membudidayakan tanaman anggur di dalam pot atau kantong plastik. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa menanam anggur memerlukan lahan yang luas serta perawatan yang rumit. Pada kenyataannya pandangan tersebut tidak tepat. Dalam buku berjudul Anggur dalam Pot ini dijelaskan bahwa sebenarnya pembudidayaan buah anggur tidaklah sesulit seperti pandangan banyak orang. Dalam buku inni dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidayaan tanaman anggur dalam pot atau kantong plastik. Hal-hal tersebut diantaranya meliputi seluk beluk tanaman anggur beserta jenis dan ciri-cirinya. Pada buku ini dikemukakan juga mengenai cara memilih bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, serta cara perawatan selama pertumbuhan. Pada bab akhir buku ini dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan perawatan pohon anggur dewasa agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar