Cari

Jumat, 24 Mei 2013

Resensi


-      Judul Buku
The Secret of sleep, Tidur yang Membuat Anda Sehat dan Bugar.
-      Pengarang
Eko sugiarto
-      Editor
Sunarni, ME
-      Tahun terbit
Mei 2008
-      Tebal Buku
Tebal buku terdiri dari 76 halaman

Eko Sugiarto mungkin belum dikenal oleh kalangan banyak penikmat sastra. penulis  kelahiran Gunung Balak, Lampung Tengah, 23 September 1980. Lulus dari Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 2003 dengan predikat cum laude. Menulis di beberapa media, baik media cetak maupun internet. Salah satu tulisannya masuk dalam karya bersama Kabar dari Luar Pagar (UNSTRAT, 2003) yang berisi kumpulan surat budaya kepada Sri Sultan HB X. Puisinya masuk dalam Nubuat Labirin Luka: Antologi Puisi untuk Munir (Sayap Baru dan Aceh Working Group, 2005). Buku kumpulan cerpennya berjudul Kereta dengan Satu Gerbong (Lanarka Publisher, 2006) dan Interupsi: Saat Rakyat Menggugat (Penerbit Grafindo, 2007).
Buku karyanya yang lain adalah Kuliah Cepat, Kerjaan Dapat (Cakrawala, 2006), Sukses Dunia Akhirat (SKETSA, 2006), Mengenal Pantun dan Puisi Lama: Pantun, Karmina, Syair, Gurindam, Seloka, dan Talibun (Pustaka Widyatama, 2007), Ketaxva-ketiwi bersama Pak Kyai (Sketsa, 2007), Canda Taxoa bareng Pak Pendeta (Sketsa, 2007), Panduan Menulis Skripsi: Solusi Tepat untuk Lulus C epai (Media Pressindo, 2007), Cari Kerja Lewat Internet (Cakrawala, 2007), Melayu di Mata Soeman Hs: Kritik terhadap Adat Lewat Sebuah Novel (Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu bekerja sama dengan Adicita Karyanusa, 2007), dan Kaya Bukan Dosa (Lintas Pustaka Publisher, 2007).
Kesibukan manusia di zaman ini terkadang membuat­nya lupa bahwa sebenarnya tubuhnya butuh istirahat. Karena lupa istirahat, ketika jatuh sakit manusia Baru sadar bahwa selama ini waktunya untuk beristirahat sangat kurang. Sakit adalah respons alami dari tubuh kits yang keletihan.
Bentuk istirahat yang paling baik adalah tidur. Lantas, mengapa tidur dikatakan sebagai istirahat yang paling baik? Lalu berapa jamkah waktu yang mesti kita alokasi­kan untuk tidur dalam sehari? Bagaimana pula ciri-ciri tidur yang berkualitas? Bagaimana melawan insomnia tanpa hares mengonsumsi i obat? Bagaimana cars mem­program tidur agar bisa bangun pada jam tertentu sesuai dengan yang kita inginkan?
Jawaban atas berbagai pertanyaan di atas dapat Anda temukan dalam buku ini. Sebuah buku kecil yang berusaha menyingkap berbagai rahasia tidur yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Sebuah rahasia yang akan membuat Anda semakin mantap mengarungi samudera kehidupan yang kian penuh tantangan.

Dalam penyajian bahasa pada buku ini, penulis lebih terkesan mengajak pembaca itu sendiri berperan aktif dalam menalar sendiri apa yang penulis utarakan dalam tulisannya itu, serta mampu memancing imajinasi pembaca untuk menalar lebih dalam lagi. Serta bahasa yang mengajak pembaca berdialog
Dari segi kelancaran penjelasan, penulis begitu mengalir dalam menjelaskan apa yang hendak disampaikannya. Penulis juga tidak terkesan kaku dalam menjelaskan pokok-pokok pikiran darin tulisannya.
Pembatasan bab penulis dalam merangkai tulisannya terorganisir dengan baik. Pada bab pertama penulis mengakat hal-hal yang secara langsung tidak disadari oleh kita sendiri tentang perspektif kita tentang yang di katakan dengan istirahat yang baik yaitu tidur. Kemudian disusul dengan menyampaikan permasalahan-permasalahan yang sebagian orang mengalami tentang gangguan yang dialami. Terakhir penulis mengungkapkan dan menjawab permasalahan serta memberikan solusi bagaimana istirahat yang baik.
Melihat dari segi kelengkapan isi buku ini, harus diakui penulis lihai dalam mencari referensi untuk tulisannya. Penulis mencoba membahas tentang  hal  yang berawal dari mitos, pendapat para ahli di bidangnya serta fenomena nyata dalam kehidupan.

The Secret of sleep, Tidur yang Membuat Anda Sehat dan Bugar yang dikarang oleh Eko Sugiarto, sangat cocok dibaca oleh kalangan Mahasiswa dan orang dewasa saja. Kesibukan mahasiswa dalam memporsir fikiran dan tenaga dalam aktivitas kuliah yang berlebihan tentulah harus istirahat dengan baik. Didalam buku ini mampu menawarkan cara beristirahat yang sebenarnya agar tetap fit dalam beraktivitas dan memberi pengaruh tersendiri pada keberhasilannya.
Pikiran bawah sadar bekerja nonstop selama 24 jam. Pikiran bawah sadar tak pernah berhenti bekerja. Meskipun anda sedang tertidur pulas, pikiran bawah sadar Anda akan tetapa terjaga. Seperti itu contoh kutipan dari buku ini. Sangat cocok untuk orang dewasa yang setiap hari selalu berfikir dan memecahkan masalah yang dihadapi. Dalam buku ini menjawab hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar